Tuesday, September 13, 2016

Gunung Batu Terbesar Di Indonesia Itu Bernama Bukit Kelam | Wisata Kabupaten Sintang Kalbar

Halo sobat Travelers!
Seperti biasa, Blog Wisata Indonesia akan mengangkat info tentang tempat-tempat wisata di Indonesia yang masih belum terlalu di kenal secara Nasional. Besar harapan tempat-tempat wisata yang di tampilkan di Blog ini bisa di kenal secara luas oleh masyarakat Indonesia bahkan Mancanegara. Aamiin..

Kali ini kita akan menikmati pesona Bukit Kelam yang Berada di wilayah Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Indonesia. Ingin tahu bagaimana pesona Bukit Kelam ini? Yuk kita gelar tikar he he

Berjarak 20 km dari pusat kota Sintang, Bukit Kelam merupakan gunung batu yang masuk ke wilayah kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Kenapa saya di awal menyebutnya bukit, lalu Sekarang saya sebut gunung? Ini penjelasan singkatnya.

Menurut data yang ada di Dinas Pariwisata Sintang, Bukit Kelam mempunyai ketinggian 1.002mdpl, dengan radius belasan kilo meter. Hal ini sudah memenuhi kriteria untuk di kategorikan sebagai gunung.

Lalu kenapa masih menyebutnya bukit? Itu karena Kebiasaan masyarakat Sintang yang menyebut gunung dengan 'bukit raya'. Maka gunung kelam ini akhirnya lebih dikenal dengan nama Bukit Kelam.

Fakta yang paling menarik tentang bukit kelam ini adalah, Bukit atau gunung kelam ini merupakan sebongkah batu (monolite), dan menurut penelitian ahli dari perancis konon batu ini adalah meteor Yang jatuh ke bumi.

Dari ukuran tinggi dan radius kakinya, bukit kelam merupakan gunung batu terbesar di Indonesia Dan nomor 2 di Dunia setelah gunung batu di Australia. Sungguh potensi wisata yang sangat menjanjikan jika di tangani secara serius oleh pemerintah setempat.

Untuk mencapai puncak Bukit Kelam, di perlukan waktu tempuh sekitar 4 jam hingga 5 jam bagi pemula. Tapi bisa hanya separuhnya saja waktu tempuh yang di butuhkan jika di lakukan oleh para petugas penjaga atau para guide yang sudah terbiasa naik turun Dari puncak Bukit Kelam tersebut.

Ada jalur yang sudah di sediakan oleh petugas, ini merupakan jalur utama Dan satu-satunta yang ada untuk bisa mencapai puncak. Tapi jangan kaget ya guys, jalur pendakian hampir 90% terbuat dari tangga besi.

Dengan sudut kemiringan yang berbeda-beda tergantung kemiringan bukit yang di lewati tangga tersebut. Namun rata-rata kemiringan bisa mencapai sudut 90°. Berani?! Silahkan di coba hehe
Namun itulah harga yang harus di bayar jika kalian ingin menyaksikan jeindahan alam Kalimantan dari atas puncak Bukit Kelam

Tempat wisata Bukit Kelam ini biasanya sangat ramai di saat musim libur hari raya. Sebab, selain pemandangannya yang indah fihak pengelola juga menyediakan hiburan musik dengan artis dari ibukota.

Dengan tarif yang hanya sebesar Rp,15.000; pengunjung bisa masuk ke area wisata Bukit Kelam ini. Pengunjung bisa bebas mencari tempat-tempat terbaik di area wisata ini untuk berfoto atau menggelar tikar bersama keluarga.

OK guys, itulah sekelumit ulasan tenteng wisata Bukit Kelam Sintang Kalimantan Barat.
Semoga Bermanfaat ya...

No comments:

Post a Comment

a