Sunday, September 18, 2016

Penglipuran | Desa Paling Bersih Di Dunia

Halo Sobat Travelers!
Kita semua pasti sangat suka dengan keadaan lingkungan yang bersih kan. Namun walaupun begitu, tidak semua orang bisa menciptakan keadaan lingkungan yang bersih dan juga sekaligus menjaganya. Kita sadar, lingkungan yang bersih bisa berimbas pada baiknya tingkat kesehatan. Namun lagi-lagi, kesadaran kita tersebut kadang tidak cukup untuk menggerakkan kita menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tapi berbeda dengan sebuah desa yang satu ini. Desa yang berpredikat salah satu dari tiga desa paling bersih di dunia ini, mempunyai penduduk yang tingkat kesadarannya sangat tinggi dalam menciptakan sekaligus menjaga Dan melestarikan kebersihan di lingkungannya. Sehingga desa mereka mendapat predikat desa paling bersih di dunia.
Bernama desa Penglipuran. Desa yang terletak di pulau dewata Bali ini di nobatkan sebagai desa paling bersih di dunia bersama dua desa lainnya yang masing-masing berada di Negara Belanda (Desa Giethoorn) dan India (Desa Mawlynnong).

Di desa Penglipuran ini, menjaga kebersihan sudah menjadi bagian dari adat penduduknya. Ada semacam undang-undang adat desa yang mewajibkan setiap warga desa penglipuran untuk menjaga kebersihan di sekitar rumahnya masing-masing.

Meski undang-undang desa tersebut tidak mengenakan sangsi bagi yang melanggar, tetapi itu sudah cukup membuat warga desa Penglipuran untuk taat mematuhinya. Menurut ketua adat desa penglipuran, warga selalu melakukan musyawarah ketika akan melakukan sesuatu kegiatan untuk menata desa Penglipuran ini. Dan lalu melaksanakan kegiatan hasil musyawarah tersebut dengan cara bergotong royong.


Sangat layak memang jika desa Penglipuran ini mendapat predikat desa paling bersih di dunia. Selain dari lingkungannya yang pastinya bebas sampah, tata ruang bangunan rumahnyapun sangat rapih dan apik. Jalanan desa yang agak menanjak di pasangi batu alam, dan di kanan kirinya bertebaran beraneka jenis dan warna tumbuhan bunga.

Bagi kalian yang akan berkunjung, tidak di perkenankan membawa kendaraan bermotor memasuki desa Penglipuran ini. Kendaraan cukup di parkir di gapura Jalan masuk desa. Jadi selain bersih desa Penglipuran juga bebas dari polusi udara.


Bagaimana guys? Berminat berkunjung atau bahkan tinggal di desa Penglipuran Bali ini? Maka saya sarankan untuk segera menghubungi Biro prjalanan langganan kalian. Dan let's fly to Bali..!
Semoga Bermanfaat ya..

No comments:

Post a Comment

a